Adakah peran Malaikat Agung dalam Hidupku?

Apakah kalian percaya dengan malaikat? Pernahkah anda bertemu atau berbincang dengan malaikat? Tahukah anda apa yang gereja Katolik katakan tentang malaikat?


Hari Rabu, tanggal 29 September adalah hari Pesta para malaikat agung; st. Mikael, Gabriel dan Rafael.

Apakah nama-nama ini berarti untuk anda?

Kira-kira 10 tahun lalu, aku diberi rahmat oleh Allah untuk merasakan ‘kehadiran’ st Mikael dalam hidupku. Ini terjadi di hari 9 setelah aku menyelesaikan “Mary Undoer of Knots” novena. Aku sangat terkejut, dan untuk beberapa saat masih belum sadar siapakah yang aku ‘lihat’ itu. Setelah beberapa detik, menyadari baju perang nya, aku sadar bahwa itu st Mikael.

Tidak dapat aku ceritakan apa yang aku rasakan, beberapa perasaan menjadi satu. Selang beberapa waktu, hal itu pun ‘menghilang’ dari pikiran ku. Buah dari doa novena tersebut lebih membekas di hati ku.

Waktu cepat berlalu, sekitar 5 tahun berikutnya, salah satu kawan dekat ku datang berkunjung dari luar negeri. Dia sangat setia dan mendalam iman Katolik nya. Dia memberikan aku sebuah bingkisan kecil. Mengetahui teman baikku ini, hati ku hanya menduga, tentunya barang yang berhubungan dengan iman Katolik.

Setelah ada kesempatan, aku buka bungkusan kecil itu, yang ternyata kaplet st Mikael, yaitu paket kecil berisi manik-manik (butir doa berwarna merah dan putih crystal) dan cara berdoa ke malaikat Agung st Mikael. Aku belum pernah berdoa kepada malaikat dan hanya membaca sekilas doa tersebut. Karena kesibukan dan ‘ketidak tahuan’ ku tentang malaikat, paket itu hanya menjadi hiasan di meja kecil dalam kamar tidur ku selama sekitar 4 tahun.

Selama 9 tahun tersebut, ternyata, tanpa sadar, beberapa kali aku di ‘ajak’ untuk mengingat malaikat agung st Mikael;

1. Misa di ‘Mission San Miguel’, San Miguel, CA. salah satu Mission California. Misa ini tidak di rencanakan dan tidak pernah terpikirkan untuk mengunjungi secara khusus.

2. Dalam salah satu ziarah, aku mengunjungi Santuario Di San Michele Archangelo, di Gargano, Italy. Walau ziarah ini sendiri direncanakan, tapi aku tidak menyadari bahwa aku akan mengunjungi tempat suci ini. Menurut informasi, tempat ini salah satu tempat penampakan St Mikael yang sangat istimewa. Malaikat Agung st Mikael menampakan dirinya 4 kali. Basilica di konsekrasi oleh St Mikael sendiri (daripada oleh Uskup setempat sesuai aturan umum).

3. Membaca bukan hobby ku, aku membaca karena sebuah keharusan. Tetapi entah bagaimana, aku terbentur dengan artikel tentang 7 monastery yang membentuk satu garis lurus yang manjadi Garis Suci melambangkan sebagai pedang pertempuran spiritual Kristiani melawan paganisme.

7 monasteries di mana malaikat agung st. Mikael menampakan dirinya:

- St. Patrick, Skellig Michael, Ireland

- St. Michael’s Mount, England

- Mont Saint Michael, France

- Sacra Di San Michele, Val de Susa, Italy

- Santuario Di San Michele Archangelo, Gargano, Italy

- Symi’s Monastery, in the island of Symi, Greece

- Stella Maris Monastery, Mount Carmel, Haifa, Israel

Jarak antara Mont Saint Michael France ke Sacra Di San Michele, Val de Susa Italy, sama dengan jarak antara Sacra Di San Michele, Val de Susa Italy dan Santuario Di San Michele Archangelo, Gargano, Italy.

Di tahun ke 9, aku berjumpa dengan seorang yang juga sangat setia dengan gereja Katolik. Aku membagikan pengalamanku tentang st Mikael. Singkat kata, dia menganjurkan aku untuk berdoa kaplet St Mikael.

Beberapa hari kemudian, pernyataan itu baru mengendap dan aku teringat bahwa kaplet itu sudah disediakan oleh st Mikael sendiri, yang telah menunggu aku sekitar 4 tahun.

Sejak saat itu, aku berdoa kaplet st Mikael sehari hari dimana aku bisa. Dengan doa ini, aku mengenal sedikit demi sedikit Malaikat Agung lainnya: st Gabriel dan St Rafael, termasuk Malaikat Pelindungku. Juga mulai mengenal 9 paduan suara malaikat: Seraphim, Cherubim, Thrones, Dominions, Virtues, Powers, Principalities, Archangels and Angels.


Aku mulai ‘berbicara’ dengan para malaikat, khususnya Malaikat Agung st Mikael dan Malaikat Pelindungku.

Aku merasa jalanku masih panjang untuk mengenal mereka lebih dalam. Tahun ini, pertama kali aku ingin ‘merayakan’ Pesta para malaikat agung; st. Mikael, Gabriel dan Rafael, sedikitnya aku mau rayakan dalam hati ku.

Bagaimana dengan para pembaca? Apakah ada pengalaman para pembaca yang dapat memperkaya pengalamanku tentang para malaikat? Jika ada, silahkan dan mohon bagikan, bisa dikirim ke redaksi eBulletin. Sangat appreciative.


Oleh Metanoia

Sumber lainnya dari https://catholicexchange.com/understanding-mysterious-sword-st-michael


Previous
Previous

Siapakah Santa Maria Magdalena?

Next
Next

Tuhan Tidak Pernah Meninggalkan Kita