Desember 2023

Copy of Copy of Copy of Copy of WKICU Newsletter draft

 Edisi Desember 2023


JADWAL MISA WKICU


3 Desember - Jam 1:00 siang

Romo Sam Nasada, OFM

St. Stephen Church

451 Eucalyptus Dr., San Francisco


17 Desember - Jam 2:00 siang

Romo Sam Nasada, OFM

St. Anne Catholic Church

32223 Cabello St., Union City

Untuk intensi misa, hubungi Admin WKICU

Umat yang tertarik untuk carpool ke misa WKICU dapat mengisi formulir dibawah ini. Bila ada pertanyaan, hubungi Gio.

Ikut WKICU Carpool Program

Setelah misa WKICU selesai, akan dilanjutkan dengan acara ramah tamah. Apabila ada umat yang mau memberi donasi makanan, hubungi Lily Lie (SF), Cecilia Sumasta (UC), atau Gio.

ACARA MENDATANG WKICU & OMK



PENGUMUMAN


Bagikan Talenta dan Waktu Mu!

WKICU mengajak semua anggota WKICU untuk berpartisipasi aktif di kegiatan-kegiatan WKICU sebagai petugas misa, koordinator acara, mempersiapkan aula gereja untuk acara ramah tamah, dll. Apabila ada umat yang terpanggil, atau menginginkan informasi lebih jauh tentang bagaimana anda bisa membantu WKICU, mohon hubungi Agem, Ruthy, atau Gio.

Gemar bernyanyi atau bermain musik?

WKICU masih membutuhkan bantuan di bagian musik dan panduan suara untuk misa natal WKICU 25 Desember nanti. Hubungi Elizabeth untuk informasi lebih lanjut.

Mengapa Kita Terus Melakukan Hal Yang Salah, dan 

Bagaimana Cara Menghentikannya

oleh Jennie Xue, MTh


Kita sering melakukan hal-hal tertentu berulang kali...meskipun kita memahami bahwa hal-hal tersebut tidak baik bagi kita. Dalam Psikologi, pola tidak sehat seperti itu dikenal dengan istilah “kecanduan. ” Dalam agama Kristen, kecanduan seperti itu dapat mengarah pada tindakan berdosa jika hal ini belum dilakukan.

Lanjutkan Membaca

Sesuatu Terjadi Ketika Kamu Berserah Kepada Yesus

(Bagian 2)


......Saat itulah saya melihat ke atas... dari manakah asal semua terang ini. Saya mendongakkan kepala ke atas...sekitar di atas lingkaran di atas tanah itu. Saya melihat langit yang terbuka oleh sinar yang terang. Sinar-sinar itu lurus tertuju ke tanah itu, menyebar ke seluruh permukaan tanah dan membuatnya terang. Sinar itu lurus dan terang, awan-awan yang bergerak di sekelilingnya tidak bisa menghalangi terang sinar itu, karena sinar itu harus tetap ada. 


Saya bertanya di manakah Sorga?

Lanjutkan Membaca

KENALAN DENGAN RUTHY

WKICU Koordinator Wilayah San Francisco


Hallo….nama saya Ruthy Octavia….udah kenal doong???? Kalo belum kenal yah kebangetan, kayaknya mesti sering sering datang ke misa SF atau ikutan koor SF. Saat ini saya adalah koordinator misa and koor WKICU untuk wilayah San Francisco masa 2021-2023 and 2023-2025. Tapi sebetulnya saya sudah lama bergabung di WKICU, saya bergabung di WKICU kira kira dari tahun 2000-2010 (pas saat2 saya masih menggemaskan dan lucu2nya 😁), di saat itu saya sempat juga menjabat sebagai koordinator koor wilayah SF selama beberapa tahun.

Seperti jodoh yang nggak akan lari kemana, dan sepertinya sudah takdir juga, setelah beberapa tahun absent, saya kembali menjadi koordinator koor SF dan malahan naik pangkat, jadi koordinator misa WKICU SF juga. Wohooo!!! #naikgaji

Sedikit latar belakang keluarga saya; Papa saya berasal dari Surabaya, Jawa Timur dan Mama saya berasal dari Muntilan, Jawa Tengah, kami sekeluarga (saya punya 1 kakak lelaki dan 1 adik lelaki) tinggal di Jakarta Selatan, Paroki kita adalah Paroki Blok B - Santo Yohanes Penginjil.

Saya pindah ke San Francisco pada saat ekonomi krisis di bulan September 1997 dan setelah 26 tahun tinggal di Bay Area, saya bisa mengatakan bahwa San Francisco adalah rumah saya. 

Saat ini saya tinggal di Millbrae bersama suami dan 1 anak kami: Joshua yang berumur 17 tahun.


Kegiatan saya sehari2 selain bekerja full time, di waktu luang saya juga suka memasak. Hobi masak ini awalnya kepepet dan kepaksa, tapi lama2 saya jadi suka juga, apalagi kalau dari nggak bisa, terus coba2 resep, dan hasilnya enak banget dan di sukai sama suami dan anak saya. Waah saya seeneeng banget… priceless deh!. Masakan yang saya bikin kebanyakan masakan Indonesia asli, seperti: Sayur Asem, Sayur Lodeh, Sambel Goreng Ati Ampela Pete, Sambel Goreng Labu Siam, Ayam Bumbu Rujak, Soto Betawi, Soto Ayam 😊. Khusus untuk teman teman koor SF, saya suka bikin Tahu Isi, Tempe Goreng atau Martabak Telor buat jajanan sehabis kita tugas koor misa SF. Di jamin deh Tahu Isi saya enak banget, gratis lagi….soalnya kalo protes saya suruh bayar 😁.


Hobi saya yang lain: saya suka jalan2 liburan bersama keluarga, hiking, dan saya suka ikutan lomba lari jarak jauh, hobi yang terakhir ini lebih gara2 FOMO (Fear of Missing Out) bukan gara2 suka LOL, dan saat ini saya lebih sering jalan pagi atau olahraga di gym.

Sampai sekarang ini lomba lari yang saya ikuti:

Ultra Marathon 50KM/30 miles = 3 kali, 

Full Marathon 42KM/26.2 miles = 15 kali,

Half Marathon 21KM/13.1 miles = 33 kali.

Lomba marathon terakhir yang saya ikuti adalah New York Marathon tgl 5 November 2023.

PS: saya lari nya super duper slow, atau tim kura kura!  

Temen2 lari saya banyak yang gila semua, jadi saya lumayan yang termasuk masih lumayan waras 🙂.


Selain membantu organisasi WKICU, saya juga aktif di organisasi Friends of Indonesia (FOI), di sini saya menjabat sebagai Bendahara, di organisasi ini kita ingin mempromosikan Indonesia  ke masyarakat non-Indonesia di Bay Area dan California.


Saya bersyukur saya masih bisa meyumbangkan tenaga dan pikiran, dan di beri kesempatan untuk membantu WKICU. Saya berharap WKICU bisa menjadi wadah buat kita2 semua yang tinggal di perantauan, saya merasa bergabung dengan WKICU dapat memberikan dukungan emosial dan sosial, di WKICU kita dapat berbagi pengalaman, tumbuh bersama dalam iman dan membentuk hubugan persaudaraan yang berarti.

Saya berharap teman2 anggota WKICU yang lama, yang sudah tidah aktif, mau datang lagi dan mendukung komunitas kita. Karena kalau tidak ada umat yang mendukung, tidak akan ada WKICU.

KILAS BALIK BULAN OKTOBER


Perayaan Thanksgiving & Ulang Tahun WKICU Ke-32


Photo credit: Jesse Photography


Banyak hal yang warga WKICU patut syukuri di bulan November lalu. Kita bersyukur atas kehadiran  Romo Sam di tengah-tengah komunitas WKICU. Ditengah kesibukan beliau sebagai kepala paroki St Boniface di San Francisco, beliau tetap menyempatkan diri untuk membawakan misa WKICU, dan mendampingi Tim WKICU sampai nanti tanggal 25 Desember 2023. Setelah itu, beliau akan memulai tugas barunya di Washington DC. 


Kita bersyukur karena setiap bulan semua warga WKICU dari seluruh pelosok Bay Area bisa berkumpul untuk merayakan misa bersama di gereja St. Anne. Di misa Thanksgiving WKICU yang lalu kami diberikan kesempatan berharga oleh pihak St Anne untuk foto bersama. Foto ini akan dimuat dalam St Anne direktori paroki. Sekarang kita mempunyai foto bersama WKICU yang terbaru! 

Photo credit: Cynthia Williams, Renata Adjisurya, Ruthy Octavia, Liony Azali


Kita bersyukur karena tahun ini, kita dapat merayakan ulang tahun WKICU yang ke-32, dan dapat merayakan Thanksgiving dengan menu tradisional Thanksgiving turkey, ham, mashed potatoes, dan pies yang disumbangkan oleh umat, untuk dinikmati bersama!

Menjadi Sukarelawan di Saint Anthony, San Francisco 


Beberapa tahun yang lalu OMK pernah menjadi sukarelawan di St. Anthony yang terletak di daerah "tenderloin" San Francisco (daerah dengan tingkat kejahatan yang relatif lebih tinggi bila dibandingkan dengan daerah sekitarnya). Tetapi aktivitas tersebut sempat terhenti sampai kami mendapat sedikit dorongan dari Romo Sam, dan saran dari Cashley (sesama OMK), untuk memulai kembali acara sukarelawan di St. Anthony.


Sayangnya hanya ada sedikit lowongan untuk relawan yang tersedia karena St. Anthony tidak mendapatkan banyak donasi akhir-akhir ini. Relawan mempunyai pilihan untuk bertugas di ruangan "Pakaian Gratis",  "Ruang Makan" atau "Lab Teknologi." Kami semua sempat tertegun melihat semua ruangan tersebut begitu teratur, rapi dan bersih. Setelah berembuk, kami memutuskan untuk membantu di bagian "Pakaian Gratis." 



Daerah tenderloin, San Francisco memang mempunyai reputasi tidak aman dan kotor, tetapi di luar dugaan kami, tempat relawan di St. Anthony sangat bersih dan teratur. St. Anthony juga menerima sumbangan pakaian berkualitas tinggi dan dari merek terkenal. Tugas kami pada hari itu adalah memilah donasi pakaian, memisahkan pakaian yang masih bagus dari pakaian yang sudah tidak layak pakai lagi. St. Anthony hanya memajang, dan memberikan pakaian bekas yang masih bagus dan layak pakai. Kami merasa senang bisa membantu di St. Anthony, dan mendapatkan kesempatan untuk melakukan kegiatan amal bersama sebagai OMK. 

LAPORAN KEUANGAN BULAN OKTOBER



SUMBANGAN KASIH

Sumbangan kasih dapat diberikan melalui:


Cek - Payable to WKICU dan dikirimkan melalui kantor pos ke:
PO Box 8362, Fremont CA 94537


Zelle - bendahara@wkicu.org

Mohon pilih akun tipe bisnis (Business name: WKICU), dan diberi catatan lokasi dan tanggal misa.


Credit Card - melalui WKICU Donation page.


Donasi anda ke WKICU bisa diklaim untuk pemotongan pajak. Untuk mempermudah WKICU untuk memberikan bukti pemotongan pajak kepada anda, mohon menulis cek ke WKICU dan pastikan untuk mencantumkan nama, alamat dan jumlah donasi


TIN: 87-3693225

PROGRAM WKICU


Informasi lengkap tentang program WKICU dapat dibaca di WKICU Website.

  • Orang Muda Katolik (OMK) - Untuk bergabung, DM di OMK Instagram.

  • Youth Group - Adalah kelompok remaja bagi murid-murid middleschool dan high school. Untuk bergabung, hubungi Thea.

  • College/Working Professional Outreach - Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Gio.

  • Care Ministry - Bagi umat yang mengetahui ada warga yang ingin dikunjungi ataupun berminat untuk bergabung dengan ministri ini, hubungi Ruthy.

  • Healing Ministry - Bagi yang memerlukan pelayanan healing ministry atau terpanggil dalam menjalani pelayanan untuk orang sakit, hubungi Maria.

  • Funeral Arrangement Support - Bagi yang memerlukan info rujukan untuk Funeral Home atau mempunyai pertanyaan yang berhubungan dengan funeral arrangement, hubungi Alice.

  • WKICU Community Table - Setiap minggu ke-3 akan ada Community Table di aula St. Anne untuk anggota WKICU meletakkan barang atau kelebihan hasil kebun mereka yang ingin dibagikan dengan sesama anggota WKICU. 


Follow WKICU



Apabila anda mempunyai pertanyaan, komentar ataupun revisi yang terkait dengan Newsletter ini, anda bisa mengirimkan email ke admin@wkicu.org.

Previous
Previous

Januari 2024

Next
Next

November 2023